10 Faktor Yang Mempengaruhi Coating Thickness Gauge

Alat pengukur ketebalan lapisan secara non-destruktif dapat mengevaluasi ketebalan lapisan non-magnetik pada substrat logam magnetik seperti baja, besi, dan baja magnet keras (alumunium, kromium, tembaga, tantalum, karet, cat, dan lainnya). dan non Ketebalan lapisan non-konduktif pada substrat logam seperti tembaga, alumunium, seng, timah (misalnya, tantalum, karet, cat, plastik, dan lainnya).

Faktor yang mempengaruhi coating thickness gauge, sebagai berikut:

1. Sifat-Sifat Magnetik Logam Dasar

Pengukuran ketebalan magnetik dipengaruhi oleh sifat magnetik dari logam dasar (dalam aplikasi praktis, perubahan sifat magnetik dari baja karbon rendah bisa dianggap sedikit). Untuk menghindari imbas perlakuan panas dan faktor kerja dingin, sifat yang sama seperti logam dasar dari benda uji sepatutnya digunakan. Benda standar mengkalibrasi instrumen itu juga bisa dikalibrasi dengan benda uji yang akan dilapisi.

2. Sifat Listrik Logam Matriks

Konduktivitas logam dasar mempunyai efek pada pengevaluasian, dan konduktivitas listrik dari logam dasar berkaitan dengan komposisi material dan metode perlakuan panas. Instrumen ini dikalibrasi menggunakan potongan standar yang mempunyai sifat yang sama dengan logam dasar potongan uji.

3. Ketebalan Logam Dasar

Tiap-tiap instrumen mempunyai ketebalan kritis dari logam tak mulia. Di atas ketebalan ini, penilaian tak dipengaruhi oleh ketebalan logam dasar.

4. Efek Tepi

Instrumen ini sensitif kepada kecuraman wujud permukaan potongan uji. Oleh sebab itu, tak bisa dipercaya untuk mengukur di dekat tepi potongan percobaan atau di sudut dalam.

5. Kelengkungan

Kelengkungan spesimen memiliki efek pada pengevaluasian. Efek ini senantiasa meningkat secara signifikan saat jari-jari kelengkungan menurun. Oleh sebab itu, pengevaluasian pada permukaan potongan uji melengkung tidak dapat dipercaya.

6. Deformasi Potongan Uji

Probe mendeformasi spesimen penutup lunak, sehingga data dapat diandalkan dievaluasi pada spesimen ini.

7. Kekasaran Permukaan

Kekasaran permukaan logam dasar dan lapisan penutup mempunyai efek pada pengevaluasian. Kekasaran meningkat dan pengaruhnya meningkat. Permukaan kasar bisa menyebabkan kesalahan sistematis dan kecelakaan, dan jumlah pengevaluasian seharusnya ditingkatkan di lokasi yang berbeda untuk tiap-tiap pengevaluasian untuk mengatasi kesalahan tidak disengaja ini.

Apabila logam dasar kasar, perlu untuk memeriksa spot nol dari instrumen pada benda uji logam dasar dengan kekasaran yang tidak dilapisi sama. Atau melarutkan lapisan penutup dengan larutan yang tidak menimbulkan korosi pada logam dasar, dan kemudian memperbaiki instrumen.

8. Medan magnet

Medan magnet yang kuat dijadikan oleh berbagai peralatan listrik di sekitarnya akan betul-betul mengganggu cara magnetik mengukur ketebalan.

9. Substansi terlampir

Instrumen ini sensitif terhadap melekatnya zat yang mencegah probe mendekat dengan permukaan penutup. Oleh karena itu, bahan yang direkatkan mesti dilepaskan untuk memutuskan kontak langsung antara probe instrumen dan permukaan benda uji.

10. Probe pressure

Jumlah tekanan yang diaplikasikan oleh probe pada potongan uji mempengaruhi pembacaan yang terukur, jadi pertahankan tekanan konstan.

NDT-Indonesia adalah perusahaan penyedia produk dan jasa NDT di Indonesia. Salah satunya adalah menjual alat coating thickness gauge yang dapat menguji kelayakan dari segi kekerasan dan ketebalan. Jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa langsung menghubungi kami melalui email dan nomor telepon atau chatting interaktif pada website.




Produk Terkait dengan artikel 10 Faktor Yang Mempengaruhi Coating Thickness Gauge

Tensile Adhesion Tester NOVOTEST AC-4624
Tensile Adhesion Tester NOVOTEST AC-4624
Cross Cut Adhesion Tester NOVOTEST AN-2409
Cross Cut Adhesion Tester NOVOTEST AN-2409
Density Cup NOVOTEST PYCNOMETER P-2811
Density Cup NOVOTEST PYCNOMETER P-2811
Viscosity Dip Mug NOVOTEST VMS
Viscosity Dip Mug NOVOTEST VMS