Apa Itu Uji Kekerasan ?

Kekerasan adalah ketahanan suatu bangunan atau material terhadap deformasi pada daerah local permukaan material, kemudian khusus untuk logam yang dimaksud adalah deformasi secara plastis. Sedangkan pengertian dari kekuatan itu sendiri adalah ketahanan suatu material terhadap deformasi plastis secara menyeluruh.

Kekuatan suatu material tersebut berbanding sama dengan kekerasannya, semakin keras suatu material maka semakin kuat pula material tersebut. Pengujian terhadap kekerasan dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan sifat dari pengujiannya sebagai berikut :

  1. Metode Dinamik

Pengujian dengan metode dinamik dilakukan dengan cara menghitung energi yang dihasilkan oleh indentor yang dijatuhkan pada permukaan spesimen. Indentor turun ke permukaan material, kemudian terjadi pantulan yang tinggi. Perbedaan ketinggian saat dijatuhkan dan pantulannya menunjukan besarnya energi yang diserap oleh material dan pada metode dinamik ini indentor berupa bola.

  1. Metode Goresan

Pengujian dengan metode ini dilakukan dengan mengukur kemampuan suatu material dengan menggoreskan material uji kepada specimen. Skala uji yang dipakai adalah skala mohs, yang terdiri dari 10 nilai-nilai material standard yang baik dalam menggores material dari nilai 1 yang paling lunak sampai dengan nilai 10 yang paling keras.

Kelemahan dari skala mohs ini adalah jarak antara intervalnya kurang spesifik yaitu nilai kekerasan tiap-tiap benda kurang akurat.

  1. Metode Indentansi

Pengujian dengan metode indentansi atau metode penekanan ialah dengan cara mengukur ketahanan dari suatu material terhadap gaya tekanan yang dihasilkan oleh indentor dengan meilhat besar beban yang diberikan. Uji kekerasan dengan metode ini terdiri dari dari beberapa cara yaitu :

  • Uji Kekerasan Rockwell

Uji kekerasan Rockwell adalah dengan menghitung kedalaman indentasi dengan keadaan beban yang tetap sebagai penentu nilai kekerasan. Sebelum melalukan pengukuran, spesimen diberi beban minor 10 kg untuk mengurangi kcenderungan ridging dan sinking akibat beban indentor. Sesudah beban diberikan, spesimen langsung diberi beban mayor.

Kedalaman yang terkonversi dalam skala dapat langsung diketahui nilainya dengan cara membaca dial gage pada alatnya. Dial tersebut terdiri dari 100 bagian yang masing-masing mempresentasikan pentetrasi sebesar 0,0002 mm. Dial disesuaikan sehingga nilai kekerasan yang tinggi berkolerasi dengan kecil pentrasi.

  • Uji Kekerasan Vickers

Pengujian kekerasan Vickers menggunakan indentor yang berbentuk piramida intan dengan berbentuk dasar bujur sangkar dengan besar sudut 136 derajat dengan kedua sisi yang berhadapan. Besar sudut tersebut digunakan karena merupakan perkiraan rasio paling tepat indentasi diameter bola pada uji brinell. Besar beban pada indentor bervariasi antara 1 kg sampai 120 kg disesuaikan dengan tingkat kekerasan material.

  • Uji Kekerasan Brinell

Uji kekerasan brinell adalah uji kekerasan paling pertama yang diterima secara luas dan standar yang ditemukan oleh J.A.Brinell pada tahun 1990. J.A.Brinell mengujinya dengan cara melakukan indentansi pada permukaan spesimen. Indentor berupa bola baca yang memiliki variasi beban dari 500 kg sampai 1500 kg untuk intermediate hardness dan 3000 kg untuk hard metal.

Prinsip dari pengujian kekerasan ini adalah menekan indentor selama waktu 30 detik. Lalu hasil diameter indentansi diukur dengan menggunakan mikroskop optik. Diameter harus dihitung lebih dari sekal ipada sudut tegak lurus yang berbeda kemudian diratakan. Kekerasan brinell adalah besar dari beban indentor per luas permukaan hasil indentansi.

NDT-Indonesia adalah perusahaan penyedia produk dan jasa NDT di Indonesia. menjual alat yang dapat menguji kelayakan dari segi kekerasan dan ketebalan. Jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa langsung menghubungi kami melalui email dan nomor telepon atau chatting interaktif pada website.




Produk Terkait dengan artikel Apa Itu Uji Kekerasan ?

Digital Brinell Hardness Tester NOVOTEST TB-B-C
Digital Brinell Hardness Tester NOVOTEST TB-B-C
Rp. 189.598.500
Digital Brinell Hardness Tester NOVOTEST TB-B-CM
Digital Brinell Hardness Tester NOVOTEST TB-B-CM
Rp. 266.038.500
Analog Rockwell Hardness Tester NOVOTEST TB-R
Analog Rockwell Hardness Tester NOVOTEST TB-R
Rp. 91.318.500
Digital Rockwell Hardness Tester NOVOTEST TB-R-C
Digital Rockwell Hardness Tester NOVOTEST TB-R-C
Rp. 143.188.000