Gauss meter, Apa Itu ?

Pernah mendengar kata Gauss meter ?, mungkin istilah ini masih terlalu asing di telinga orang-orang awam. Pengertian dari Gauss meter sendiri adalah alat yang digunakan untuk mengukur kekuatan dan mengukur arah medan magnet yang biasa disebut magnetometer. Alat instrument ini dirancang secara modern dan canggih.

Serta desainnya yang simple dapat memudahkan orang yang menggunakannya dan mudah dibawa kemana saja dengan hanya menggenggamnya, versi yang semakin simple ini membantu pemakainya untuk penelitian dan penyelidikan medan magnet di segala kondisi. Perangkat ini memiliki beberapa kegunaan ilmiah dan sangat populer dikalangan ilmuwan dan ahli.

Gauss meter sendiri memiliki dua jenis yaitu :

  1. Vektor gauss meter berguna untuk mengukur arah medan magnet tergantung dimana perangkat dan dimana arah penunjuk.
  2. Skalar gauss meter berguna untuk mengukur kekuatan medan magnet yang terdapat di sekitar perangkat.

Instrument dari perangkat gauss meter sendiri dapat menggabungkan kedua teknologi tersebut, dengan melalui proses yang cukup sederhana dan sangat singkat. Dengan menggunakan layar monitor sebagai output, kita dapat melihat seberapa kuat medan magnet dan dapat menunjuk berasal dari mana arah tersebut.

Apabila orang yang memegang berjalan mendekat ke sumber asal magnet tersebut maka alat gauss meter akan membacanya, perubahan pada medan magnet tergantung pada dimana pengguna berada dan kekuatan magnetosfer bumi di wilayah tersebut.

Cara menggunakan alat ini juga cukup mudah yaitu terdapat sensor yang terhubung dengan kabel menuju monitor, fungsi sensor ini adalah untuk menentukan medan magnet. Nyalakan gauss meter kemudian tempel sensor pada benda yang ingin di ukur medan magnetnya. Nanti kita dapat melihat nilai pengukurannya yang terdapat pada layar monitor.

NDT-Indonesia adalah perusahaan penyedia produk dan jasa NDT di Indonesia. Salah satunya adalah menjual alat gauss meter yang dapat mengukur medan magnet. Jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa langsung menghubungi kami melalui email dan nomor telepon atau chatting interaktif pada website.




Produk Terkait dengan artikel Gauss meter, Apa Itu ?

Steel Structure Analyzer NOVOTEST KRC-M2
Steel Structure Analyzer NOVOTEST KRC-M2
Gaussmeter (magnetometer) NOVOTEST MF-1
Gaussmeter (magnetometer) NOVOTEST MF-1
Magnetic Flaw Detector (Magnetic Yoke) NOVOTEST MPD-DC
Magnetic Flaw Detector (Magnetic Yoke) NOVOTEST MPD-DC