Mengenal Apa Itu Blok Standar Ultrasonik

Secara umum, blok standar ultrasonik adalah alat untuk mengkonfigurasi atau mengontrol sejumlah parameter pengujian ultrasonik atau untuk mengontrol peralatan yang digunakan untuk pemantauan. Alat ini digunakan karena desain tertentu dan sifat-sifat tertentu dari bahan sampel yang dibuat.

Blok Standar Ultrasonik

Kelompok pertama dari blok standar ultrasonik adalah blok referensi. Mereka memiliki dimensi geometrik khusus yang diatur secara ketat dengan toleransi yang ditunjuk, daftar elemen struktural tertentu, sifat akustik tertentu, dan merek.

Umumnya, ketika mulai berkenalan dengan kontrol ultrasound, spesialis menemukan persis blok referensi ini. Set blok referensi adalah hal yang dapat diterapkan baik dalam set atau secara terpisah.

Secara biasa, blok rujukan berfungsi untuk menyesuaikan, membatasi, dan memodelkan parameter pengujian ultrasonik. Dalam praktiknya, ada blok rujukan yang pemakaiannya dikontrol oleh dokumen normatif dan teknis yang paling beragam.

Blok Standar Ultrasonik

Kelompok besar kedua dari blok standar ultrasonik adalah blok kalibrasi. Tujuan dari blok kalibrasi yaitu pemodelan parameter pengujian ultrasonik, dengan cuma satu fitur sampel ini memodelkan objek yang dikontrol langsung, contohnya, lasan disaat pengelasan dua elemen dengan ketebalan tertentu.

Blok jenis ini tidak memiliki nilai parameter tertentu, tetapi mereka harus memiliki nilai maksimum dalam sejumlah parameter dengan produk dan desain kongkret.

Ini termasuk dimensi, jumlah dan jenis reflektor buatan, dimensi keseluruhan dan desain sampel itu sendiri, komposisi kimianya, tingkat bahan, metode produksi dan pengolahasifat akustik, kekasaran permukaan dantingkat akumulasi kerusakan, yang mencerminkan kehidupan nyata dari objek yang dikendalikan.

Misalnya dalam kontrol lasan, digunakan blokdatar dengan reflektor jenis “torehan”, yang paling baik meniru retakan permukaan di zona lasan.Nomenklaturstandar perusahaan sangat beragam, daftar dokumentasi normatif dan teknis juga cukup besar.

Oleh karena itu, ketika memilih blok referensi, sebaiknya dokumen pengaturan yang relevan dipilih terlebih dahulu, yang paling dekat atau akurat menggambarkan objek kontrol dan persyaratan untuk kualitasnya.

NDT-Indonesia adalah perusahaan penyedia produk dan jasa NDT di Indonesia. Salah satunya adalah menjual alat-alat Ultrasonic Testing yang dapat menguji kelayakan dari segi kekerasan dan ketebalan. Jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa langsung menghubungi kami melalui email dan nomor telepon atau chatting interaktif pada website.




Produk Terkait dengan artikel Mengenal Apa Itu Blok Standar Ultrasonik

Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD3701
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD3701
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD2301 (mini)
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD2301 (mini)
Ultrasonic Thickness Gauge NOVOTEST UT-1M
Ultrasonic Thickness Gauge NOVOTEST UT-1M
Phased Array Flaw Detector NOVOTEST UD4701PA
Phased Array Flaw Detector NOVOTEST UD4701PA