Mengukur Ketebalan Lapisan Cat Pada Mobil

Kualitas dari proses pengecatan dalam pembuatan mobil menjadi semakin penting seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Persyaratan untuk perlindungan korosi yang efisien dan kualitas cat tumbuh dengan tujuan simultan untuk mengurangi biaya.

Hal ini menyebabkan pengurangan ketebalan lapisan seng pada bagian bodi mobil baja galvanis dan pengetatan toleransi untuk ketebalan lapisan cat. Proses ini lumayan rumit karena metode yang berbeda untuk menggembleng bagian-bagian baja, langkah-langkah perlindungan korosi dan peningkatan penggunaan bahan substrat selain baja, seperti aluminium.

coating thickness gauge

Sumber Gambar : www.mallardsgroups.com

Pengendalian proses pengecatan untuk beberapa bagian harus dipantau secara efisien untuk mematuhi syarat toleransi yang aman.Berikut ini ada 2 cara melakukan pengukuran ketebalan cat pada mobil :

Pengukuran Tradisional

Pengukuran dengan cara tradisional untuk mengukur masing-masing lapisan cat pada bagian bajamenggunakan sensor induktif magnetik mengasumsikan ketebalan seng adalah nilai yang konstan dan telah ditentukan sebelumnya. Pengukuran dengan cara ini adalah dengan mengasumsikan ketebalan seng yang sama dan kemudian mengurangi nilai untuk menentukan ketebalan cat yang cacat.

Bahkan dalam model mobil yang sama, ketebalan lapisan seng dapat sangat bervariasi karena berbagai pemasok bagian body mobil dan dapat diubah lebih lanjut dengan cara pembentukan berikutnya.

Pengukuran Menggunakan Coating Thickness Gauge

Seiring dengan perkembangan zaman yang kian pesat, pengukuran ketebalan cat pada mobil menggunakan cara tradisional mulai ditinggalkan sebab memakan waktu yang cukup lama dan kurang efisien. Produsen-produsen mobil mulai menggunakan alat modern yang bernama Coating Thickness Gauge.

Coating Thickness Gauge adalah alat ukur profesional. Kualitasnya telah diuji untuk mengukur ketebalan cat dengan presisi tinggi. Memiliki desain khusus untuk mengukur lapisan yang tidak merusak dan mampu melakukan pengujian dengan cepat dan akurat dalam pengujian. Dapat mendeteksi ketebalan cairan cat pada bodi mobil anda.

coating thickness gauge

Sumber Gambar : www.qualitymag.com

Cara menggunakan alat Coating Thickness Gauge sangat sederhana, yaitu:

  1. Cukup pasang pengukur ketebalan lapisan ke mobil yang sudah dicat.
  2. Kemudian Anda akan melihat angka di layar tampilan.
  3. Setelah melampirkan beberapa menit, data pengukuran akan ditampilkan di layar.
  4. Ini memiliki akurasi tinggi hingga ± 0,1 mm. Karena itu kemungkinan salah sangat rendah.

Merawat alat ini juga sangat sederhana dan mudah:

  • Keluarkan baterai dari perangkat saat tidak digunakan untuk mencegah kebocoran baterai.
  • Bersihkan unit secukupnya dengan kain kering, jauhkan dari air dan jangan sampai basah, terutama di bagian sensor.
  • Simpan unit di tempat yang kering, tidak boleh terlalu basah dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

NDT-Indonesia adalah perusahaan penyedia produk dan jasa NDT di Indonesia. Salah satunya adalah menjual alat Coating Thickness Gauge yang dapat menguji kelayakan dari segi kekerasan dan ketebalan. Jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa langsung menghubungi kami melalui email dan nomor telepon atau chatting interaktif pada website.




Produk Terkait dengan artikel Mengukur Ketebalan Lapisan Cat Pada Mobil

Tensile Adhesion Tester NOVOTEST AC-4624
Tensile Adhesion Tester NOVOTEST AC-4624
Cross Cut Adhesion Tester NOVOTEST AN-2409
Cross Cut Adhesion Tester NOVOTEST AN-2409
Density Cup NOVOTEST PYCNOMETER P-2811
Density Cup NOVOTEST PYCNOMETER P-2811
Viscosity Dip Mug NOVOTEST VMS
Viscosity Dip Mug NOVOTEST VMS