Penggunaan Mesin Uji Tarik dan Hardness Tester untuk Menguji Material Industri

Biasanya logam di gunakan untuk membuat suatu benda atau produk mekanik. Adapun logam yang digunakan memiliki parameter seperti kuat tekan, kuat Tarik, peregangan, perpanjangan, dan anisotropi yang dapat di gunakan melalui uji Tarik material (tensile test).

Saat logam diberi gaya maka akan terlihat semua karakteristik yang dimiliki logam tersebut. Salah satu jenis pengujian yang biasa dilakukan yaitu uji kekerasan menggunakan hardness tester. Secara pengertian, hardness tester adalah alat uji yang mampu menentukan nilai kekerasan, ketebalan dan juga ketahanan material.

Jenis pengujian lainnya yang biasa dilakukan yaitu uji tarik. Pada uji Tarik satu arah atau uniaksial, benda yang akan diuji akan diberikan gaya tarik satu arah secara kontinu dengan besaran gaya yang telah disesuaikan berdasarkan standart yang ada. Saat proses penarikan di lakukan, benda akan mengalami perpanjangan yang telah ditentukan besaran gaya Tarik yang di berikan.

Tensile Machine (Mesin Uji Tarik)

Mesin uji tarik ini memiki beberapa tipe yang berbeda beda tentunya dalam hal kapasitas, tergantung dari ketebalan dan ukuran benda yang ingin di uji. Metode pengujiannya sangat mudah dan mudah di pahami, letakan benda dibagian tengah kemudian dijepit bagian kedua ujungnya lalu di kencangkan. Jika sudah masukan nilai maksimal gaya Tarik pada mesin dan tekan tombol start.

 

 

Hardness test (uji kekerasan)

Kekerasan adalah sifat atau karakteristik benda yang dapat menahan deformasi plasti. Kekerasan dapat di sebut juga ketahanan benda/material dalam menerima tekanan, goresan dan pemotongan. Ada 4 tipe metode uji kekerasan yaitu Rockwell,brinell,Vickers dan micro hardness.

 

 

Dan alat/mesin pengujian yang digunakan yaitu hardness tester. Ada 2 tipe hardness tester yaitu portable hardness tester dan bench hardness tester.

Saat di laboratorium biasanya pengujian menggunakan bench hardness tester karena ukurannya cukup besar dan di lengkapi dengan lensa mikroskop. Sedangkan di lapangan pengujian menggunakan portable hardness tester karena cukup kecil dan mudah untuk di bawa kemana saja.

 

NDT Indonesia menjual hardness tester dan mesin uji tarik berkualitas dengan harga yang terjangkau. Informasi pemesanan dan konsultasi silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0857 4065 2657, Email: sales.ndtindonesia@gmail.com




Produk Terkait dengan artikel Penggunaan Mesin Uji Tarik dan Hardness Tester untuk Menguji Material Industri

Digital Brinell Hardness Tester NOVOTEST TB-B-C
Digital Brinell Hardness Tester NOVOTEST TB-B-C
Rp. 189.598.500
Digital Brinell Hardness Tester NOVOTEST TB-B-CM
Digital Brinell Hardness Tester NOVOTEST TB-B-CM
Rp. 266.038.500
Analog Rockwell Hardness Tester NOVOTEST TB-R
Analog Rockwell Hardness Tester NOVOTEST TB-R
Rp. 91.318.500
Digital Rockwell Hardness Tester NOVOTEST TB-R-C
Digital Rockwell Hardness Tester NOVOTEST TB-R-C
Rp. 143.188.000