Phased Array Ultrasonic Flaw Detector

Phased Array adalah seperangkat unsur piezoelektrik yang terletak pada satu media. Ada tiga macam cara utama yang bisa digunakan yakni : linier, dua dimensi dan annular. Yang paling lazim yakni FA linier, cara ini digunakan lebih dari 99% kasus.

Penerapan array untuk ultrasonic flaw detector menawarkan sejumlah keuntungan yakni:

  • Secara signifikan meningkatkan kecepatan survei dari 10 sampai 100 kali.
  • Probabilitas kekeliruan berkurang karena fakta bahwa pergeseran melintang sensor relatif kepada sumbu lasan.
  • Konten isu dan keandalan kontrol meningkat secara signifikan karena langkah kecil pemindaian, pemakaian sudut input yang berbeda, serta kecakapan peralatan yang diperluas untuk memproses dan menaruh hasil pemindaian.

Sistem diagnostik ultrasonik memakai phased array didasarkan pada prinsip-prinsip yang sama dengan diagnostik ultrasonik secara keseluruhan yakni generasi dan transformasi gelombang ultrasonik, serta kecakapan gelombang ultrasonik untuk terhindar dari cacat.

ultrasonic flaw detector

Jumlah unsur dengan cara semacam itu bisa dari puluhan sampai ratusan. Elemen yang digunakan untuk memancarkan atau menerima osilasi ultrasonik disebut kategori aktif. Dengan merubah jumlah unsur dalam grup aktif, pengguna dapat merubah ukuran virtual dari probe virtual.

Dengan bantuan blok elektronik khusus, penundaan eksitasi tiap-tiap unsur dapat bervariasi dengan merubah fokus, sudut masuk dan spot input ultrasonik. Cara serupa terjadi saat getaran ultrasonik diterima. Fitur-fitur dari phased array memungkinkan hampir semua skema kontrol untuk diimplementasikan oleh perangkat lunak, sangat menyederhanakan cara kerja pemindaian mekanis.

Seperti halnya PET konvensional, pemantauan FA dapat dikerjakan dengan gelombang geser atau longitudinal. Kontrol gelombang transversal biasanya digunakan untuk mengatur lasan, mencari celah vertikal, dan lain-lain. Kontrol oleh gelombang longitudinal memungkinkan untuk mengidentifikasi stratifikasi, inklusi, perubahan ketebalan dinding, dan lain-lain.

ultrasonic flaw detector

Teknologi phased array

Sistem phased array memakai fisika eksitasi gelombang berjenjang, merubah waktu sedemikian rupa sehingga komponen depan gelombang individu yang dijadikan oleh tiap-tiap unsur dalam array berinteraksi satu sama lain untuk menambah atau mengurangi energi dalam arah tertentu, yang memungkinkan secara efektif mengatur bentuk.

Phased array yakni seperangkat kristal, yang secara struktural digabungkan dalam satu tubuh. Prinsip lahirnya operasi phased array dalam detektor cacat ultrasonik terdiri dalam generasi gelombang ultrasonik oleh semua kristal, yang menyusun cahaya ultrasonik dalam kompleks.

Kontrol elektronik dari sudut input cahaya ultrasonik dan analisis pantulan-pantulan memungkinkan secara real time untuk mewujudkan pada layar detektor cacat S-scan, dalam bentuk gambar dua dimensi dari komponen hal yang demikian.

Kristal array yakni seperangkat unsur piezoelektrik. Generator mengatur semua unsur untuk pembentukan cahaya. Output dari generator yakni sinyal amplitudo normal dan dengan waktu yang berimbang dengan pemindaian standar.

Dengan demikian, cara phased array yakni seperangkat scan-A, yang jumlahnya tergantung pada jumlah transduser. Dari set A-scan ini, pengguna dapat membangun S-scan yang memungkinkan pengguna untuk memvisualisasikan struktur material.

Sistem phased array lebih maju diperbandingkan dengan kontrol ultrasonik tradisional (memakai konverter unsur tunggal). Sebab pemakaian menggunakan konverter multi-unsur sangatmempengaruhi produktivitas kontrol yang meningkatkan kualitasnya dan visibilitasnya.

Keuntungan dari cara phased array ultrasonic :

  • Sudut cahaya yang berbeda dapat dijadikan dengan memakai transduser tunggal yang menutupi area yang luas (diuji untuk area cacat).
  • Cakupan yang lebih luas memungkinkan kita mengurangi kecepatan pemindaian obyek, serta meningkatkan resolusi kontrol.
  • Memperoleh gambar nyata dari posisi dan ukuran cacat, serta interpretasinya, jauh lebih cepat (dibandingkan dengan cara ultrasonik klasik).
  • Laporan diperkenalkan dalam bentuk gambar, yang membuatnya lebih mudah untuk memahami hasil kontrol.
  • Fungsi pemindaian sektor sangat meningkatkan kecakapan untuk mengenali cacat dan meningkatkan produktivitas volume yang lebih besar untuk pemindaian tunggal.
  • Geometri gema yang dapat disesuaikan meminimalkan indikasi salah. jawaban berjenjang memungkinkan pengguna untuk memeriksa komponen-komponen yang kompleks secara geometris tanpa wajib memindahkan obyek atau sensor.
  • Fleksibilitas dalam kontrol yang kompleks.Pengaturan mudah dan ruang penyimpanan tak terbatas.
  • Profit finansial dari phased array meliputi: menghemat waktu dan biaya energi kerja untuk operator, meningkatkan umur transduser, tak perlu memakai cairan kontak.

NDT-Indonesia adalah perusahaan penyedia produk dan jasa NDT di Indonesia. Salah satunya adalah menjual alat Ultrasonic Flaw Detector yang dapat menguji kelayakan dari segi kekerasan dan ketebalan. Jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa langsung menghubungi kami melalui email dan nomor telepon atau chatting interaktif pada website.




Produk Terkait dengan artikel Phased Array Ultrasonic Flaw Detector

Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD3701
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD3701
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD2301 (mini)
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD2301 (mini)
Ultrasonic Thickness Gauge NOVOTEST UT-1M
Ultrasonic Thickness Gauge NOVOTEST UT-1M
Phased Array Flaw Detector NOVOTEST UD4701PA
Phased Array Flaw Detector NOVOTEST UD4701PA