Prinsip Dasar dalam Pengujian Ultrasonic Testing

Ultrasonic testing adalah metode pengujian cacat pada material dengan memanfaatkan patahan gelombang ultrasonik . besarnya frekuensi gelombang ultrasonik yang digunakan untuk pengujian ini di atas 20 khz. perambatan gelombang ultrasonik pada spesimen atau material sangat dipengaruhi oleh sifat dasar spesimen atau material uji seperti massa, kekerasan, homogenitas dan lainnya.

Karena itulah pengujian ini juga bisa dilakukan untuk menganalisa atau mengukur tingkat ketebalan, kekerasan, bahan dasar material serta deteksi adanya kerusakan pada material uji sejak dini.

 

Ultrasonic Flaw Detectore

Penjelasan secara umumnya, gelombang ultrasonik yang dirambatkan melalui material uji akan dipantulkan lalu dibiaskan di atas bagian permukaan batas. besarnya ukuran dan lokasi cacat pada material dideteksi melalui perbedaan pantulan yang diterima.

Prinsip Dasar Ultrasonic testing

Gema atau Pantulan

prinsip menggunakan gema atau pantulan ini, di mana probe akan menimbulkan getaran kemudian menerima kembali secara bergantian. berdasarkan letak Gema atau pantulan yang diterima, maka posisi cacat pada benda yang diuji akan terlihat pada layar osiloskop. sedangkan ukuran cacat pada material dilihat dari tingginya penyimpangan pantulan yang diterima.

Mode Rambatan

Pada dasarnya gelombang ultrasonik masuk ke dalam lapisan material menggunakan model rambatan. ketika terjadi perubahan mode rambatan maka disitulah terdeteksi adanya cacat material.

Transducer (Probe)

ada 2 jenis transduser atau probe yang digunakan pada pengujian ndt Ultrasonic testing yaitu Probe Tunggal dan Probe kembar. Dalam metode ini ada 4 Probe yang digunakan terdiri dari Probe normal ( tunggal dan kembar) dan Probe sudut ( tunggal dan kembar).

Sedangkan alat yang digunakan untuk melakukan pengujian Ultrasonic testing disebut Ultrasonic flaw Detector. Penggunaan alat ini cukup mudah hanya dengan menempelkan bagian Probe pada permukaan material yang akan diuji. nantinya, akan terlihat nilai kekerasan pada layar display Ultrasonic flaw Detector.

Walaupun sudah ada hardness tester untuk mengukur nilai kekerasan, tapi dengan menggunakan ultrasonic flaw detector juga dapat menganalisa tingkat kekerasan pada material. Bisa dibilang pengujian ini memiliki banyak kelebihan sehingga dapat membantu aktivitas industri.




Produk Terkait dengan artikel Prinsip Dasar dalam Pengujian Ultrasonic Testing

Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD3701
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD3701
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD2301 (mini)
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD2301 (mini)
Ultrasonic Thickness Gauge NOVOTEST UT-1M
Ultrasonic Thickness Gauge NOVOTEST UT-1M