Bending Coating Mandrel Tester NOVOTEST BEND-H1500

Bending Coating Mandrel Tester NOVOTEST BEND-H1500



Order

Description

Instrumen mengukur elastisitas, kekuatan lentur dari pelapis melalui pembulatan sampel yang diuji pada himpunan batang silinder yang diameternya dari 6 mm sampai 25 mm.

Instrumen ini sesuai dengan ISO 1519-73, meluas ke bahan pelapis dan menetapkan metode definisi elastisitas film pada sebuah tikungan.

Metode ini terdiri dari penentuan diameter minimal batang logam silindris, setelah membungkuk di sekelilingnya, lapisan pelat logam yang dilukis, tidak mengalami kerusakan mekanis atau de-laminasi film cat tunggal atau multi lapisan (ISO 1519, DIN 53 152).

Aplikasi perangkat
Dianjurkan untuk menggunakan plat timah yang dicat untuk pengujian. Timah harus memiliki permukaan yang halus tanpa rongga, bintik berkarat, dan kenajisan.
Sampel uji adalah pelat segiempat dengan panjang 100 - 150 mm dan lebar 20 - 50 mm, yang terbuat dari lembaran timah hitam yang dipoles 0,25 - 0,32 mm tebal, atau lembaran aluminium dan strip 0,25 - 0,30 mm ketebalan, dengan lapisan tunggal atau lapisan cat multi-lapisan pada mereka.
Metode penerapan cat pada material, ketebalan film, jumlah lapisan, kondisi dan waktu pengeringan dan pemaparan film sebelum pengujian, harus ditentukan dalam spesifikasi dan dokumentasi teknis bahan uji.
Sebelum menguji sampel tahan terhadap kondisi yang ditentukan dalam spesifikasi dan dokumentasi teknis bahan uji.
Waktu dan tingkat pengeringan ditentukan menurut ISO 1519, DIN 53 152.
Nilai ketebalan film cat yang diuji yang diterapkan pada pelat dapat diukur dengan alat pengukur ketebalan lapisan, misalnya Coating Thickness Gauge NOVOTEST TP-1M.
Pelat timah (sisi dilapisi ke luar) diletakkan pada batang dengan diameter maksimum (25 mm), ditekan erat ke batang dan dengan lembut menekuknya dalam jarak 1 - 2 s untuk 180 ° di sekitar batang.
Setelah lapisan pelapis di tempat tikungan tersebut dianalisis dengan menggunakan kaca pembesar dengan zoom 4 kali lipat untuk retakan dan delaminasi.
Jika cacat tidak ada, pengguna harus terus menekuk lempeng, namun setiap kali berada di lokasi yang berbeda, berturut-turut dari diameter batang lebih besar hingga lebih kecil, sampai mendeteksi cacat yang disebutkan di atas.
Jika spesifikasi dan dokumentasi teknis untuk bahan melukis diatur nilai elastisitas (diameter batang), pengujian dilakukan dengan hanya menggunakan batang diameter ini.
Hasilnya adalah diameter batang minimal dalam milimeter, yang menyebabkan tidak ada kehancuran saat di uji pada film cat.
Evaluasi nilai elastisitas film melalui pembengkokan pada batang logam membutuhkan tiga uji pelat pada batang yang sama.


Spesification

Measurement range

from 6 mm to 25 mm

Length of the test rod

155 mm

Diameters of cylindrical test rods

6mm, 9 mm, 12 mm, 19 mm, 25 mm

The material of cylinder rods

steel