Pigging Intelligent

Pigging Intelligent adalah teknik inspeksi dimana pemeriksaan inspeksi, yang sering disebut sebagai smart pig, didorong melalui pipa sambil mengumpulkan data penting, seperti adanya dan lokasi korosi atau penyimpangan lainnya pada dinding bagian dalam pipa.

Secara tradisional, pigging digunakan murni sebagai cara untuk membersihkan jaringan pipa. Babi itu ditempatkan di salah satu ujung pipa dan didorong melalui jalur oleh aliran produk. Ini menggores sisi pipa saat melaju, mengeluarkan kotoran dan kotoran saat berjalan.

Tujuan utama dari pipeline pigging itu sendiri adalah untuk cleaning dan inspection.
Untuk tahap commissioning, pigging diperlukan untuk:

  • Membuktikan bahwa pipeline tersebut berlubang sesuai dengan spesifikasi design dan tujuan pembangunan pipeline tersebut.
  • Membersihkan pipeline dari material2 yang tidak diinginkan yg merupakan sisa fase konstruksi

Untuk tahap operasi, pigging diperlukan untuk:

  • Mereduksi/menghilangkan endapan/akumulasi yg mungkin mempengaruhi proses produksi (press drop, roughness, liquid slug, dsb)
  • Mengecek korosi pada pipa
  • Sebagai salah satu metoda inspeksi untuk mengetahui kualitas pipa tersebut.

Proses pigging sendiri dilakukan dengan cara menutup pipa dengan PIG lalu memberikan tekanan biasanya menggunakan air, PIG yang ditekan akan bergerak dari launcher ( posisi awal pipa ) hingga mencapai daerah receiver ( ujung pipa ). Kecepatan tekanan harus diatur hingga sedemikian rupa agar tidak terjadi kerusakan pada PIG.