Ultrasonic Flaw Detektor

oke,. sebelum membahas ultrasonic flaw detector saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang flaw detektor.

apa sih flaw detector itu? mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahui nya.

jadi flaw detector ini adalah sebuah alat uji untuk pengukuran atau mendeteksi kegagalan pada sebuah material, hampir semua aplikasi pengujian industri, alat deteksi kegagalan ini lah yang paling tua dan paling sering digunakan pada tahun 1940-an.

sedangkan ultrasonik adalah getaran mekanis atau gelombang tekanan yang mirip dengan bunyi yang dapat didengar, tetapi dengan frekuensi getaran yang jauh lebih tinggi.

dan menurut hukum fisika ultrasonic flaw detector adalah gelombang suara melalui bahan padat yang digunakan untuk mendeteksi retakan tersembunyi, porositas, void, dan diskontinuitas internal lainya dalam logam, komposit, plastik dan keramik. gelombang suara frekuensi tinggi mencerminkan dari kelemahan hal prediksi, perangkat ultrasonic flaw detektor juga dapat merekam dan dapat menampilkan pola gema yang khas.

manfaat utama mendeteksi kegagalan alat material menggunakan ultrasonic flaw detektor itu proses nya sangat cepat dan tidak memerlukan prosedur yang panjang, dan dapat memudahkan mendektsi berbagai kekurangan materi dengan perangkat sederhana.

Prinsip kerja Ultrasonik Flaw Detector

Prinsip kerjanya ialah dengan memanfaatkan rambatan gelombang ultrasonik yang dikeluarkan oleh transduser dan gelombang baliknya diambil oleh receiver.

Gelombang yang diterima ini bisa diukur intensitasnya, masa-masa perambatan atau resonansi yang dimunculkan sehingga pada umumnya pengecekan ultrasonik ini didasarkan pada perbedaan intensitas gelombang yang diterima serta masa-masa perambatannya.

Kelebihan Ultrasonik Flaw Detector

Ultrasonik flaw detector ini mempunyai keunggulan dalam mendeteksi kecacatan\atau kegagalan benda melewati ultrasonic, yang ketika menyala sensor nya akan ditunjukkan maka secara otomatis ia akan mengindikasikan pada layar display dengan teknik tampilan gelombang. Range yang ada dalam perlengkapan ini dapat mendeteksi kegagalan benda ini sendiri hingga 9999 mm dalam baja , flaw detector pendeteksi kegagalan benda dengan Ultrasonic sesuai untuk dipakai pada benda kerja yang besar dan dalam pengukuran resolusi tinggi.

Ultrasonic flaw detector juga mempunyai dua magnet permanen yang ditempatkan di dalam kerang silinder, yang dihubungkan oleh kawat magnetik fleksibel, sampai-sampai dapat dipakai untuk MPI tempat terpencil, sedangkan sudut dan produk lainnya dengan berbagai format dan ukuran.

NDT Indonesia merupakan perusahaan penyedia produk maupun jasa NDT di Indonesia.

PT Testindo menyediakan layanan terkait jasa NDT ( Non Destructive Test) yang didukung dengan tenaga ahli. Untuk info lebih lengkapnya anda bisa klik disini : http://www.testindo.com/kategori/194/non-destructive-testings




Produk Terkait dengan artikel Ultrasonic Flaw Detektor

Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD3701
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD3701
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD2301 (mini)
Ultrasonic Flaw Detector NOVOTEST UD2301 (mini)
Ultrasonic Thickness Gauge NOVOTEST UT-1M
Ultrasonic Thickness Gauge NOVOTEST UT-1M