Upgrade Mesin NDT di PT Bakrie Pipe Industries

Dalam meningkatkan kualitas dan produksi pipa baja, maka mesin yang digunakan untuk proses produksi dan checking harus dipersiapkan dengan baik. Pada kesempatan kali ini, PT Bakrie Pipe Industries bekerja sama dengan PT Testindo untuk melakukan upgrade mesin pemeriksaan mereka.

Proses checking atau pemeriksaan hasil produksi bisa dilakukan dengan 2 metode yaitu teknik visual dan menggunakan mesin khusus. Pemeriksaan secara visual yaitu hasil produksi di cek dengan menggunakan indra penglihatan manusia, namun proses pemeriksaan ini hanya bisa pada permukaanya saja.

Sedangkan untuk pemeriksaan yang menggunkan mesin menerapakan metode NDT (Non Dectructive Test) dengan jenis UT (Ultrasonic Test). Metode ini adalah pemeriksaan tanpa merusak material dan hasil produksi sehingga bisa digunakan kembali setelah dlakukan pengujian atau pemeriksaan.

 

 

Engineer PT Testindo sedang melakukan pegecekan pada mesin sebelum melakukan upgrade.

 

Mesin pemeriksaan yang ada di PT Bakrie Pipe Industries menggunakan UC 40. PT Testindo melakukan upgrade untuk alat yang ada di PT Bakrie menjadi lebih baik lagi dengan menggunakan MAC NDT. Upgrade dari mesin UC 40 ke MAC NDT tidak terlalu sulit, sensor, konektor BNC dan existing yang sudah ada sebelumnya tinggal diatur ulang dibantu koneksi LAN (Local Area Network).

 

 

Sensor mesin yang ingin di upgrade oleh Engineer PT Testindo

 

Terdapat 2 sistem yang digunakan pada mesin industri PT Bakrie Pipe yaitu sistem online dan sistem offline. Sistem online adalah proses kerja yang dimulai dari lembaran plat baja masuk ke dalam mesin, kemudian lembaran baja di tekuk untuk menjadi bentuk silinder lalu dilas. Setelah jadi silinder, dilanjutkan dengan tahap inspeksi untuk mengetahui ada cacat atau tidak.

 

 

Sedangkan sistem offline adalah pipa baja yang telah dipotong dari hasil proses online tadi masuk ke dalam tahap pemeriksaan menggunakan instrument NDT Ultrasonic Test merk Karl Deutsch asal Jerman. Ketika pipa baja akan berjalan diatas conveyor menuju sensor pemeriksaan, sensor akan turun dan mulai melakukan pemeriksaan dengan menembak gelombang ultrasonic, air yang mengalir di atas sensor difungsikan sebagai koplen agar gelombang tidak menjalar keluar daerah pengujian.

Air yang dialirkan akan memudahkan pembacaan dari sensor pada pipa baja tersebut, ketika pipa baja terdapat cacat maka bisa langsung bisa terdeteksi.

Sensor encoder yang terdapat pada mesin berfungsi untuk pemeriksaan pada pipa. Ketika ada cacat pada pipa, maka encoder akan memberikan informasi letak posisi cacat dan jenis cacat itu sendiri seperti apa.

 

Gambar (A) hasil pemeriksaan dengan menggunakan sensor MAC NDT. Gambar (B) hasil pengujian dengan sensor UC40.

 

Instrument MAC NDT bisa langsung memberikan report secara otomatis pada saat melakukan pemeriksaan. Hasil pemeriksaan ini juga bisa dianalisa dimana saja selama masih terhubung dengan jaringan LAN.

 

 

Engineer PT Testindo sedang melakukan training kepada staf dari PT Bakrie Pipe Industries

 

Jika perusahaan atau industri Anda membutuhkan jasa NDT, upgrade mesin NDT dan peralatan NDT silakan hubungi kami di nomor telepon : (021) 29563045, Email : sales@ndt-indonesia.com, Whatsapp: Whatsapp: 0813 9929 1909